Cara Setting Baofeng HT BF-888s dan Menyamakan HT Baofeng UV-5r

Cara Setting Baofeng HT BF-888s dan Menyamakan HT Baofeng UV-5r - Berakhir sudah era dimana radio komunikasi portable (HT atau handy Transceiver) memiliki harga di atas satu juta. Saat ini produk radio komunikasi dari cina mulai memasuki pasar indonesia dan menyaingi produk Icom, Alinco, Motorola dan lain sebagainya. Harga yang ditawarkan bisa dibilang sangat murah yakni kisaran dibawah satu juta, tapi soal kualitas ht pabrikan yang berada di Quanzhou ini tidak bisa Anda remehkan. Nah jika Anda sudah memiliki HT Baofeng seri BF-888S ini namun belum tau cara memprogramnya, berikut penulis akan mencoba memberikan tutorial bagaimana cara setting manual tanpa melalui program komputer.


cara setting walky talky baofeng bf 888s

Cara setting HT Baofeng BF-888s
  • Pastikan keadaan HT berada dalam kondisi OFF (mati).
  • Jika posisi dial berada di Channel 1-5, tekan sambil tahan tombol PTT dan MONITOR, kemudian hidupkan VOX - ON / OFF.
  • Jika posisi dial berada di Channel 10, tekan sambil tahan tombol PTT dan MONITOR, kemudian hidupkan Voice Promt - ON / OFF.
  • Jika posisi dial berada di Channel 11, tekan sambil tahan tombol PTT dan MONITOR, kemudian hidupkan Alarm Function - ON / OFF (namun sebelumnya harus diaktifkan terlebih dahulu melalui software).
  • Jika posisi dial berada di Channel 15, tekan sambil tahan tombol PTT dan MONITOR, kemudian hidupkan Ganti bahasa (CHINESE/ENGLISH).
  • Jika posisi dial berada di Channel 16, tekan sambil tahan tombol PTT dan MONITOR, kemudian hidupkan Scan - ON / OFF (sama seperti Alarm Function, fungsi scan juga harus diaktifkan dulu melalui software)
  • Jika posisi dial berada di Channel 1-16, tekan sambil tahan tombol MONITOR, kemudian mematikan Voice Promt sementara - ON / OFF.


Berikut tabel daftar frekuensi default BF-888S.


frekuensi default baofeng bf 888s

Cara Menyamakan atau Menghubungkan HT Baofeng UV-5R (UHF/VHF) KE WT Baofeng BF-888S (UHF)

sebenarnya jika Anda memiliki sepasang Walky Talky Baofeng BF-888S bisa langsung digunakan untuk berkomunikasi. Sebab setingannya sudah default dari pabrik yang sebelumnya sudah di setting pada 16 Channel. Kelebihan lain menurut penjual WT ini ternyata juga bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan WT merek lain jika menggunakan frekuensi yang sama.

Ketika saya searching di google ternyata frekuensi baofeng seri bf-888s ini bisa berkomunikasi dengan ht baofeng uv-5r di semua channel yang tersedia. Tapi perlu dicatat disini bahwa frekuensi yang digunakan baofeng bf-888s semuanya adalah UHF, sehingga tidak bisa berkomunikasi dengan HT transceiver yang hanya memiliki band VHF. Anda bisa melihat catatan frekuensi 1-16 WT baofeng bf-888s UHF pada tabel di atas.

Untuk memulai kita harus setting ht baofeng uv-5r agar bisa berkomunikasi dengan WT baofeng bf-888s terlebih dahulu. Namun sebelum mengulas lebih dalam, kita harus tau dulu seperti apa spesifikasi ht baofeng uv-5r tersebut berikut ini.

Baca Juga : Perbedaan Handy Talky dan Walkie Talkie

Baofeng uv 5r dibekali dual band frekuensi yaitu VHF dan UHF. Untuk frekuensi VHF seperti yang sudah kita ketahui tentunya hanya bisa digunakan untuk berkomunikasi sesama radio yang berfrekuensi VHF juga. Radio-radio VHF ini lebih dikenal sebagai radio dua meteran seperti Icom, Alinco, Kenwood produksi lampau dengan frekuensi 140 - 143 mHz.  Band frekuensi tersebut biasanya diperuntukan untuk RAPI dan untuk frekuensi diatasnya digunakan oleh ORARI serta komunitas pengguna radio lainnya. Dan untuk band frekuensi UHF tentu saja sebagian digunakan oleh ORARI dan instansi atau perusahaan lain yang harus memegang ijin penggunaan frekuensi radio tersebut.

Nah selanjutnya agar ht baofeng uv-5r bisa berkomunikasi dengan wt baofeng bf-888s kita harus setting channelnya terlebih dahulu. Ini harus dilakukan agar kedua ht tersebut bisa sinkron satu sama lain. Berikut adalah langkah-langkah yang harus adan ikuti di bawah ini :
  • Hidupkan radio ht baofeng uv-5r
  • Sebelum memprogram pastikan dulu mode radio berada di VFO bukan di memory, pilih dengan tombol VFO/MR.
  • Pastikan tanda panah dilayar berada pada baris atas display frekuensi.
  • Masukan angka yang bisa sobat lihat di tabel atas, contoh untuk channel 1 yaitu frekuensi 462.126.
  • Tekan tombol Menu kemudian pilih sub menu 11 (R-CTCS) dengan cara menekan tombol panah di keypad.
  • Tekan lagi menu panah di layar akan bergeser kebawah. Lalu tekan panah atas di keypad sampai ketemu angka 69.3.
  • Tekan menu lagi untuk menyimpan.
  • Tekan lagi panah atas pada keypad untuk masuk ke menu 13 (T-CTSS).
  • Tekan kembali menu panah pada layar akan bergeser kebawah, kemudian tekan dan tekan panah atas pada keypad hingga ketemu angka 69.3.
  • Tekan kembali menu untuk menyimpan.
  • Terakhir tekan tombol panah atas berkali kali di keypad hingga bertemu submenu 27 (MEM-CH), lalu tekan lagi menu panah pada layar akan berpindah ke bawah. Tekan panah di keypad hingga bertemu angka 001 untuk menyimpan channel ini di memori satu, lalu tekan lagi menu untuk disimpan kemudian tekan tombol exit.


Sebenarnya sobat boleh menyimpan frekuensi pada memori apapun, namun agar lebih sinkron dengan WT maka disini kita memilih channel 001 untuk menyimpannya, dan begitu sampai seterusnya. Sekarang kita test, pertama tekan VFO/MR untuk bisa masuk ke memori channel. Pilih memori satu yang sebelumnya kita buat. Selanjutnya kita beralih ke wt baofeng bf-888s dan hidupkan radio tersebud kemudian pilih channel satu.

Coba tekan PTT kemudian tes apakah komunikasi kedua ht tersebut bisa dilakukan. Untuk channel lain prosesnya tetap sama, kecuali jika menggunakan tone DCS. Perbedaannya adalah menggunakan dan merubah data sub menunya, yaitu ketika menggunakan menu 10 ( R-DCS ) dan sub menu 12 ( T-DCS). Demikian cara setting manual baofeng bf-888s dan menyamakan atau menghubungkan dengan ht baofeng uv r5.
Cara Setting Baofeng HT BF-888s dan Menyamakan HT Baofeng UV-5r Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Riyal S

6 komentar:

  1. Tolong bantuannya sama memiliki dua buah ht yg berbeda yg satunya wt zastone v77 yg satunya baofeng uv 9r gaimana agar kedua ht tersebut dpt terhubung mengingat saya tdk dpt mengetahui berapa isi freqwensi yg ada pd zastone v77,dn saya tlh mencoba mencari di google list chnl frekwensi zastone v77 ada terdapat 8 digit bagaimn mungkin saya dpt menekan 8 digit pada baofeng uv 9r yg hanya bisa 6 digit mohon petunjuknya

    BalasHapus
  2. gak bisa konek gan
    di ht pofung888s pro

    tolong frequenci pd ht pofung888s pro
    trimakasih
    di tunggu👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini frekuensi Pofung
      https://ecs7.tokopedia.net/img/cache/700/product-1/2018/1/29/15068815/15068815_558da2b1-cebe-49f2-8759-454557ef02f8_392_326.jpg

      Hapus
  3. Baofeng BF-888S saya channel'nya tidak urut..
    one, two, langsung six, lalu fourteen, five..
    Bagaimana cara mengurutkan?
    Mohon solusi untuk masalah saya.

    BalasHapus