Panduan Cara Setting HT Weierwei V 3288

Radio HT (Handy Transceiver / Handy Talky) dapat dipergunakan sebagai alat komunikasi jinjing, yang artinya bisa di bawa kemana-mana tanpa harus ribet membawa power supply, antena dan lain sebagainya.

Handy Talky merupakan perangkat radio jinjing yang dikemas sedimikian rupa dan di jadikan sebagai alat komunikasi, sudah dilengkapi dengan baterai, rubber antena (antena jengkalan), fungsi menu, repeater, scramble, duplex dan masih banyak lagi lainnya

Seiring majunya pembangunan dan makin banyaknya proyek-proyek, kebutuhan akan alat komunikasi meningkat setiap tahunnya. Banyak perusahaan radio komunikasi berlomba-lomba membuat radio komunikasi khususnya HT, dengan berbagai variasi bentuk, fungsi menu, kelengkapan, kelebihan-kelebihan lain yang tidak ada pada perangkat radio sebelumnya. Makin tingginya persaingan tersebut, kita jadi bisa memilih radio HT sebagai alat komunikasi portable, sesuai selera dan keinginan kita sendiri.

Beberapa merek radio buatan china seperti weirwei,olinca,suicom,firstcom,vitai merajai pasar radio komunikasi jinjing. Saat ini sudah banyak HT yang beredar di toko-toko radio dan elektronik dengan harga terjangkau, ada sebagian orang anti dengan radio buatan china dan lebih memilih radio yang lama, sekalipun itu perangkat radio 'bekas' tersebut harganya mahal. Saya pribadi tidak tau apa alasannya mereka lebih memilih HT lama dari pada buatan China. Menurut saya pribadi sih hal tersebut tidaklah beralasan, yang penting radio tersebut sesuai dengan standar radio komunikasi saat ini 'user friendly'.


Radio HT Waierwei V 3288


Radio HT Weirwei VEV 3288 s

Handy Talky /  Transceiver ini bisa dibilang rajanya HT. Banyak sekali penggemarnya, itu karena harga, control menu, bentuk dan ukuran serta fitur-menu-nya mudah sekali digunakan. Apalagi jika dilihat dari kecanggihan menu kontrol yang dimiliki radio HT weierwei V3288, tidak kalah dengan Motorola, Icom, Alinco, Kenwood dan yaesu.

Cara Setting Radio Weierwei HT V 3288

Panduan setting radio HT Weirwei bisa anda lihat di manual book yang disediakan jika anda membeli perangkat baru. Namun jika anda tidak menemukan manual book pada kelengkapan Weirwei anda bisa lihat panduan yang saya tulis dibawah ini.

Radio HT Wierwei adalah Handy Talky murah namun bukan berarti murahan, hal ini bisa dilihat dari fungsi-fungsi yang terdapat pada program ht tersebut. Penganturan menu dan cara setting untuk dapat berkomunikasi melalui repeater tidaklah sulit, dari pengaturan duplex yang diinginkan sampai tonenya yang sudah lengkap, anda tinggal setting melalui menu yang ada.

Berikut adalah panduan manual untuk HT Weirwei VEV3288 beserta spesifikasinya.

Spesifikasi Teknis Umum :

Tipe Rentang Frekuensi : VEV-3288s(V)136~174MHz 
Channels : 118 Channels
Steps : 5k,10k,6.25k,12.5k,25k
Power SUpply : 7.2V 1200mah
Operating Temperature : -20°C ~ +60°C
Communication Range : 3 ~6km
Dimension (H x W x D) : 100 x 55.5 x 31mm Weight : 225g

Receiver / Penerimaan Radio : 

Sensitifitas: <0.20µV 
Selektifitas : 65dB 
Intermodulation 
Rejection : 60dB AF Output : 500mW 
Standby Current : 35mA

Transmiter / Daya Pancar Radio : 

Power Output : 5W Modulation 
Tipe : F3E Spurious Emission : < -65dB 
Transmit Current : 1300mA/750mA Max. 
Simpangan : ±5kHz 
Modulasi Distorsion : < 5% 
Frekuensi Stabilitas : ±2.5ppm

Kelebihan lain dari HT Weierwei V3288 : 

Weirwei vev 3288, 118 Channel Grup memori Built-in 50 grup CTCSS dan tersedia grup Lebar (25kHz) dan Sempit (12.5kHz) dilengkapi dengan baterai input freq Li-on 1200mAh. Dengan menggunakan tombol menampilkan tag fungsi VOX built-in Scan fungsi tiga lampu latar LCD warna layar Emergency Alarm diprogram oleh PC (kabel interface tidak termasuk) bel berdering apabila menerima sinyal utama Scan fungsi yang menyesuaikan RF output power Hi/Lo beralih di antara Channel/Freq. Menyesuaikan tingkat pemadaman (0-9) Channel sibuk lockout tombol terkunci, fungsi utama TAG.

Cara Setting Radio HT Weierwei V 3288, Komunikasi diPancar Ulang (Repeater)

Berikut cara setting Suplex, Tone untuk Repeater - Contoh : Misalnya untuk dapat terhubung dan berkomunikasi pada satu repeater dengan frekuensi 143.550Mhz - 155 tone 151.4


  1. Posisi VFO tidak berada di memori, untuk merubahnya tekan tombol VFO/MR tombol ketiga paling atas.
  2. Tekan angka untuk frekuensi monitornya 143 550
  3. Setting SPASI/DIfferen untuk 155 - caranya : klik tombol MENU -> kemudian pilih DIFFR (15) -> Klik tombol ENTER -> Pilih SPASI Duplexnya 01.550
  4. Setting Duplex (+) Plus atau (-) Minus - Caranya : Tekan tombol MENU -> Kemudian pilih S - D (19) - Klik tombol ENTER.
  5. Setting Tone Untuk TX klik tombol MENU -> Pilih T-CDC (18) -> Klik tombol ENTER akan ada 50 mode Tone -> pilih -151.4 (25)
  6. Jika berhasil coba tekan PTT sambil perhatikan displayny. Saat PTT belum ditekan angka yang tampil dilayar adalah 143550, tepat diatas angka tersebut ada tanda (-) minus, ketika ditekan akan muncul angka 142000, diatas angka tersebut akan muncul teks CT dan -
  7. Simpan hasil settingan tadi kedalam memori agar tidak hilang - Caranya : perhatikan display layar, tekan tombol MENU -> kemudian tekan tombol VFO/MR -> dipojok kiri atas ada huruf (F), di kanan akan ada angka memori yang berkedip, atur di memori beberapa akan disimpan kemudian tekan tombol ENTER untuk menyimpan settingan tadi.


Cara Scan / Pemindaian Otomatis

Tekan tombol MENU -> Tekan tombol 1 Scan - Dilayar SCAN ? (1) lalu tekan tombol ENTER.

Bicara Tanpa Menekan Tombol PTT / VOX

Tekan tombol MENU -> kemudian tombol 3 VOX -> dilayar VOX ? setelah itu tekan tombol ENTER, atur level VOX kepekaan suara dari 1 hingga 9 OFF untuk mematikan fungsi VOX.

Cara Setting Power High dan Low

Tekan tombol MENU -> lalu tombol angka 4 - di layar POW ? -> Klik ENTER dan pilih L untuk Low kurang dari 1 watt, H untuk high diatas dari 1 watt hingga 5 watt tergantung dari kekuatan baterai.

Atur SQL Sequel kepekaan Penerimaan

Tekan tombol MENU - lalu angka 5 di layar SQL ? kemudian tekan ENTER dan pilih kepekaan dari angka 1 hingga 9.

Mengganti Warna Tampilan Layar

HT Weirwei ada 3 warna laatr yang bisa diubah menjadi Ungu, Orange dan Biru tergantung selera - Caranya : klik MENU - LIGHT ? (08) kemudian ENTER LIGHT1 warna Ungu, LIGHT2 warna Orange, dan LIGHT3 warna Biru.

Berbicara dengan Scramble

Fungsi ini bisa dipergunakan jika HT sama-sama memiliki MENU yang sama, jika digunakan pada radio yang tidak ada MENU ini maka tidak akan bisa mendengarkan apa yang disampaikan atau dengan kata lain seperti suara robot / kresek-kresek 'tidak jelas'. Dengan fitur seperti ini anda bisa berkomunikasi di satu frekuensi secara bersamaan tanpa saling mengganggu. Saat test MENU ini saya berbicara pada frekuensi 143600 Mhz, di frekuensi tersebut sedang digunakan juga untuk berkomunikasi, dan saya tidak bisa mendengar dengan jelas apa yang sedang di bicarakan oleh teman-teman di frekuensi itu, begitu juga dengan mereka yang tidak bisa mendengar apa yang saya bicarakan, namun teman lain yang menggunakan HT Weirwei 3288 dengan MENU Scramble bisa mendengarkan dengan jelas apa yang sama sampaikan, kami berkomunikasi berempat pada frekuensi yang sama. 

Aktifkan MENU ini dengan cara : Tekan tombol MENU -> kemudian tombol angka 6 dilayar SCR? -> lalu tekan tombol ENTER dan pilih ON - Selamat mencoba.

Merubah Channel Menjadi Frekuensi Angka atau sebaliknya meruba mode angka ke Channel. Silahkan isi semua frekuensi yang hendak di memorikan kemudian save ke dalam memori 1 hingga 128 Memori, setelah semua tersimpan -> matikan radio lalu Tekan ENTER sambil menyalakan Radio, semua frekuensi yang berbentuk angka akan berganti menjadi mode Channels.

Cara Reset Radio HT Weierwei VEV 3288

Cara meresetnya : matikan Radio -> kemudian tekan dan tombol MENU sambil menyalakan kembali radio, perhatikan layar -> akan ada tulisan RESET? kemudian tekan ENTER. Pada layar anda akan muncul VFO. Jika anda ingin reset secara keseluruhan silahkan putar dan pilih FULL -> kemudian ENTER dan tunggu beberapa detik jika berhasi tampilan latar menjadi CH-001.

Semoga artikel Panduan Setting Radio HT Weirwei V 3288, sedikit bermanfaat dan menambah wawasan anda dalam menggunakan fungsi MENU Weirwei HT V 3288.

Panduan Cara Setting HT Weierwei V 3288 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Riyal S

2 komentar:

  1. Saya pemakai ht vev 3388 D mau tanya pada tulisan atau huruf pada layar itu pada awalnya tampil tulisan atau huruf normal namun selang beberapa jam tulisan atau huruf yang tampil di layar berubah menjadi seperti tulisan atau huruf cina ? Bagaimana cara menormalkan tulisan atau huruf tersebut? Mohon petunjuknya

    BalasHapus
  2. bagaimana cara menghilangkan tanda "CT" pada layar monitor...?

    BalasHapus