Cara Lengkap Setting Duplex, Simpan Frekuensi, Reset Full Memory, dan Menaikkan Power Radio Rig Yaesu FT 2900 R/E

Yaesu FT-2900 saat ini memiliki 2 type yaitu FT-2900E dan FT-2900R. Untuk tipe FT-2900E adalah tipe yang digunakan untuk wilayah Eropa dan Amerika. Sedangkan FT-2900R adalah  tipe yang digunakan untuk wilayah Asia Pasifik.

Yaesu FT-2900 R dikenal sebagai The King Of Mobile karena memiliki output standar 75 watt pada posisi high, 25 watt pada posisi low 3, 1- warr pada posisi low 2 dan 5 watt pada posisi low 1.

cara lengkap setting radio rig yaesu ft 2900 r/e

Kelebihan :
  • Kita bisa meningkatkan Output Power dari standar 75 watt ke 150 watt tanpa menambah atau merubah hardware perangkat. Cukup dengan permainan setting software dengan menggunakan tombol-tombol yang ada pada rig tersebut.
  • Tidak perlu kipas pendingin saat dioperasikan, sebab sudah memiliki pendingin dengan kapasitas besar pada bodynya. Saat rig ini mencapai suhu di atas 60 derajat celcius, secara otomatis akan mati sendiri. Namun Agan tidak perlu takut, setelah dingin rig ini bisa dihidupkan kembali.
  • Layar display yaesu ft 2900 terdiri dari 6 digit, Jadi Agan tidak perlu mendekat sambil melotot kelayar buat melihat frekuensi yang sedang di gunakan.
  • Audio dapat didengar di lingkungan yang bising dengan menggunakan speaker 3 watt.
  • Tersedia 200 memory
Kekurangan :
  • Berdasarkan pengalaman dari beberapa teknisi dan customer kami, jika digabungkan dengan antena Diamond D23 spleternya lumayan besar.

Fitur Yaesu FT 2900 E/R

Apabila dibandingkan dengan radio rig lain yang sejenis (Icom IC-v8000, Icom IC-2200H, Kenwood TM 271), radio rig ini tergolong paling besar untuk ukuran daya pancar (75 watt), harganya juga relatif jauh lebih murah.

Fitur lengkapnya adalah sebagai berikut:

Power Output 75 Watt
Ada tingkatan 4 pilihan power output, yaitu 75-25-10-5 watt. Pemilihan power bisa disimpan ke dalam memory, sehingga dapat menghemat daya ketika menggunakan repeater yang kuat. Untuk power output 75 watt Solid RF kita tidak perlu kipas pendingin.

LCD Display Besar
Tampilan layar sempurna dengan LCD backlit 6 digit.

Loud Audio dengan Internal Speaker

Dapat dioperasikan pada lingkungan yang bising, karena FT 2900 R dilengkapi dengan speaker besar 3 W.

Excellent Receiver Performance
Alinco FT 2900R memiliki teknologi Advanced Track Tuning RF Input Filtering, memungkinkan radio rig ini mencegah dengan sempurna distorsi intermodulasi.

CTCSS dan DCS Encode / Decode Built In

untuk memudahkan akses repeater atau memonitor busy channel secara sunyi, baik sirkuit Encoder/Decoder CTCSS maupun DCS (Digital Code Squelch) sudah tertanam di dalamnya. Data konfigurasi CTCSS dan DCS dapat disimpan secara terpisah pada setiap channel memory. Mode "Split Tone" juga memungkinkan sistem operasi dimana CTCSS dan DCS digunakan secara terpisah pada repeater uplink atau downlink.

Sistem Extensive Memory

Radio Rig Alinco FT-2900 R tersedia 221 channel memory, termasuk 200 regular memory, 10 pasang band-limit memory dan kanal Home dengan instant-recall yang dapat dipasang kedalam frekuensi yang sering Anda gunakan. Memory bisa menyimpan informasi data CTCSS/DCS, Shift, tingkat outout power, status pemindaian (“Skip”), dan label Alpha-Numeric.

Channel Display Alpha-Numeric

Channel memory dapat ditampilkan dengan channel frekuensi maupun label Alpha-Numeric yang Anda inginkan, untuk memudahkan dalam pengenalan channel. Anda dapat menggunkan sampai dengan enam huruf, karakter dan angka untuk memberi label pada channel.

MH-48A6J DTMF Direct Access Microphon
Mikrofon MH-48A6J dilengkapi dengan lampu latar, sehingga Anda dapat memasukkan frekuensi secara langsung dari tombol mikrofon, atau untuk memanggil channel memory. Ketika transmit, MH-48A6J memungkinkan Anda untuk emmasukkan nada DTMF secara manual dan FT 2900 R juga memiliki 9 memory nada DMTF, 16 digit DTMF Autodialer. Empat tombol dapat diprogram sendiri dengan mikrofon, sehingga memudahkan untuk kontrol pada sejumlah fitur, dan kunci MH-48A6J DTMF Direct Access Microphon.

Kesan Pertama menggunakan Yaesu FT-2900R
Apabila dilengkapi dengan Antenna Diamond F22, hasilnya akan memuaskan meski kondisi daratannya cukup tinggi dan terhalang pegunungan. Seperti yang dirasakan oleh  Aris Surahman yang pernah mencoba Yaesu FT 2900 R didaerah malang yang notabenenya banyak terhalang oleh pegunungan di bagian barat dan selatan. Ia mecoba mengoptimalkan daya pancar sesuai yang tertulis di dalam spesifikasi. Namun belum bisa dioptimalkan karena belum memiliki power supply dengan Amper yang memadai. Saat itu ia hanya menggunakan PSU komputer sebagai power supply, dengan keluaran 12.3 V dan 14 Ampere (spesifikasi yang dibutuhkan adalah keluaran 13.8Volt pada continuous 15Ampere murni). Sehingga ia hanya bisa test sampai Low 3 di posisi 25 watt

Sumber : Sidongyah blog

Berikut adalah keuntungan memakai Radio Rig Yaesu 2900 R
  1. PTT sangat empuk sehingga seperti tidak terasa kalau sedang pencet PTT.
  2. Audio speaker sangat keras meski diletakan ke bagian bawah, namun untuk modulasi cenderung ke Treble. Oleh karena itu Aris menambahkan speaker bekas creative 5.1, supaya lebih terasa empuk dan cenderung ke bass.
  3. Pc engoperasian radio sangat mudah, hanya dalam beberapa menit Aris bisa memprogram split TX RX karena fasilitas duplex shift diatur dengan selisih tertentu sebesar 0.50, sehingga tidak dapat diperuntukan duplex RPU yang menggunakan angka ganjil. Tapi hal tersebut tidak menjadi masalah karena dalam 1 memory kita bisa split TX dan RX (sama saja seperti duplex).
  4. Hanya dengan berbekal power suplai komputer 12 Volt, (14A simbada Sim Cool) Split TX bisa mencapai low 3 (25 watt).
  5. TX menggunakan low 1 (5 watt) bisa sampai ke pasuruan (+/- 50 km), ketika sampai disana, diterima s5 ke 7.
  6. Selama TX direct menggunakan low 3 (24 watt), radio tidak akan menunkukkan adanya gejala panas. Suhu internal radio rig yaesu 2900 R hanya di kisaran 34 derajat celcius (untuk ruangan AC suhu kisaran 23 derajat).
  7. Ketika pemakaian pertama dengan settingan pabrikan, mic gain berada di posisi 5, receive (penerima) direct agak terlambat untuk modulasi sehingga Aris mengubahnya ke angka 7, dan hasil modulasinya menjadi ciamik (sebelumnya sudah dimonitor lewat RPU menggunakan v68), dan modulasi cenderung middle ke treeble.
  8. Colokan ekstra speaker agak sulit untuk dijangkau, namun bagi sobat yang sudah terbiasa dengan radio ini mungkin tidak akan menjadi soal
  9. Jika dibandingkan dengan v68, gejala hujan spleteran jauh berkurang meski masih tetap ada (mungkin akibat dari sensitifitas antenna)
  10. Ketika pertama kali menghidupkan radio rig yaesu ft 2900 ini, ada indikator voltase sehingga sangat membantu dalam memonitor kondisi voltase
  11. Saat Aris mencoba TX high power, UPS APC 600va, indikator merah langsung menyala, ini berarti kalau sudah overload. Sehingga nanti akan dibypass untuk melihat seberapa mampu PSU komputer untuk ngangkat 75 watt.

Cara Menyimpan Frekuensi ke Memory Channel

  1. Set mode ke VFO, kemudian tekan D pada Mic atau D/MR(MR) di pesawar
  2. Masukkan angka frekuensi, kemudian tekan angka pada Mic (misalnya: 143.970)
  3. Set power TX level, kemudian tekan C ke power yang diinginkan (misal: LOW1)
  4. Seting Tone Squelch apabila diperlukan
  5. Tekan tombol [MW/D/MR], atau [D] - tahan 1 detik. Nimer memory berikutnya yang kosong akan berkedip
  6. Putar DIAL atau tekan UP/DOWN atau langsung tekan angka di keypad untuk memilih nomer memory yang akan digunakan
  7. Apabila nomer masih berkedip, segera tekan tombol [MW/D/MR) atau [D] kembali untuk menyimpannya.
  8. Memory terisi, kemudian tekan D di Mic atau [MW/D/MR] di pesawat untuk kembali ke mode MR (memory)

Cara Menyimpan Frekuensi Output dan Output ke Memory Channel (Duplex)

  1. Silahkan masuk ke mode VFO
  2. Masukkan frekuensi input
  3. Tekan dan tahan tombol [MW/D/MR] atau [D]
  4. Putar knob atau tekan UP/DOWN atau langsung tekan angka di keypad untuk memiliki nomer Memory Channel yang akan digunakan
  5. Untuk menyimpan, tekan tombol [MW/D/MR] atau [D]
  6. Masih pada mode vFO, silahkan masukkan frekuensi Output
  7. Tekan dan tahan tombol [MW/D/MR] atau [D]
  8. Putar knob atau tekan UP/DOWN, sobat juga bisa tekan langsng angka di keypad untuk memilih nomer Memory Channel yang akan digunakan
  9. Simpan dengan tekan dan tahan tombol PTT, kemudian dilanjutkan dengan menekan tombol [MW/D/MR] atau [D]
  10. Selanjutnya silahkan masuk ke mode Memory Channel, Sobat cek apakah sudah terimpan atau belum

Cara Menyimpan Frekuensi Input dan Output ke Memmory Channel disertai dengan TONE

  1. Silahkan masuk ke mode VFO terlebih dahulu
  2. Masukkan frekuensi input
  3. Tekan dan tahan tombol [SET/mHz] atau [A]
  4. Putar knob dan cari nomer 40 (SQL TYP) dilanjut dengan menekan [SET/mHz] atau [A]
  5. Putra knop atau tekan UP/DOWN sampai mendapatkan TONE
  6. Tekan [SET/mHz] atau [A] untuk kembali
  7. Putar Knob dan cari nomer 52 (TN FRQ) lanjutkan dengan menekan [SET/mHz] atau [A]
  8. Untuk memiliki TONE yang digunakan RPU, Putar Knop atau tekan UP/DOWN
  9. Tekan dan tahan [SET/mHz] atau [A]
  10. Tekan dan tahan [MW/D/MR] atau [D]
  11. Selanjutnya putar knob atau tekan UP/DWON atau bisa langsung tekan angka di keypad untuk memilih nomer Memory Channel yang akan digunakan
  12. Simpan dengan tekan timbol [MW/D/MR] atau [D]
  13. Masih di mode VFO, silahkan masukkan frekuensi Output
  14. Tekan dan tahan [MW/D/MR] atau [D]
  15. Putar Knob atau tekan UP.DOWN  atau langsung tekan angka di keypad untuk memilih nomer Channels yang akan digunakan
  16. Untuk menyimpan, Tekan dan tahan tombol PTT, Kemudian lanjutkan dengan menekan tombol [MR/D/MR] atau [D]
  17. Silahkan masuk ke mode Memory Channel, dan silahkan cek apakah sudah tersimpan atau belum.

Cara Memberi atau Mengubah Nama Memory Channels

  1. Masuk dalam mode Memory Channel (Memory Bank)
  2. Tekan dan tahan timbol [SET/Mhz], atau [A]
  3. Putar Knob dan silahkan cari nomer 30 (NM/mHz), kemudian lanjutkan dnegan menekan [SET/mHz], atau [A]
  4. Untuk memilih hutuf yang akan digunakan silahkan putar Knob atau tekan UP/DOWN
  5. Untuk baris selanjutnya silahkan tekan [A/N/LOW] atau [C], dan untuk baris sebelumnya silahkan tekan [DW/REV] atau [B]
  6. Jika sudah selesai, tekan dan tahan tombol [SET/mHz], atau [A]
  7. Selamat nama memory Channel sobat sudah berhasil diubah

Cara Memasukkan Ke Home Memory Channels

  1. Silahkan gunakan Mode Memory Channel atau VFO
  2. Tekan dan tahan tombol [MW/D/MR] atau [D]
  3. Tekan dan tahan tombol [DW/REV] atau [B]

Cara Menghapus Memory Channel

  1. Silahkan masuk ke dalam mode Memory Channels
  2. Tekan dan tahan [MW/D/MR] atau [D]
  3. Putar knob atau tekan UP/DOWN atau bisa langsung dengan menekan angka di keypad untuk memilih nomer Memory Channel yang akan dihapus
  4. Tekan tombol [A/N/LOW] atau [C]
  5. Selamat, Memory Channels sudha berhasil dihapus

Mengatur Memory Channel menjadi Memory Bank

  1. Silahkan masuk ke mode Memory Channels
  2. Pilih memory yang akan dimasukkan ke Memory Bank
  3. Tekan dan tahan tombol [MW/D/MR] atau [D]
  4. Putar knob atau gunakan UP/DOWN untuk mencari Memory Bank yang akan digunakan, misal b1 (tersedia grup b1. b2. b3. b4, b5, b6, b7 dan b8)
  5. Untuk menyimpan, silahkan tekan tombol [MW/D/MR] atau [D]
  6. Untuk masuk ke Memory Bank pada Yaesu FT 2900r, pada memory Channels Mode, tekan [*] pada keypad dan untuk menuju Memory Bank lainnya silahkan tekan [#], dan apabila ingin keluar dari Memory Bank silahkan tekan kembali tombol [*]

Cara Merubah Nama Memory Bank

  1. Silahkan masuk ke dalam mode Memory Channels / Memory Bank.
  2. Tekan dan tahan tombol [SET/mHz atau [A]
  3. Putar Knob dan silahkan cari nomer 9 [BNK NM], kemudian lanjutkan dengan menekan [SET/mHz], atau [A]
  4. Putar Knob atau silahkan tekan tombol UP/DOWN untuk memilih Memory Bank yang akan diubah namanya.
  5. Selanjutnya tekan [A/N/LOW] atau [C] untuk mulai merubah nama
  6. Putar Knob atau silahkan tekan UP.DOWN untuk memilih huruf yang akan digunakan
  7. Untuk baris selanjutnya tekan [A/N/LOW] atau [C], dan untuk baris sebelumnya tekan [DW/REV] atau [B]
  8. Jika sudah selesai, tekan dan tahan tombol [SET/mHz] atau [A]
  9. Selamat, nama Memory Bank sudah berhasi SObat ubah.

Time Out Timer (TOT)

  1. Silahkan masuk ke dalam Mode Memory Channels atau Memory Bak (VFO)
  2. Tekan dan tahan tombol [SET/mHz] atau [A]
  3. Putar Knob dan cari nomer 53 (T0T), selanjutnya tekan [SET/mHz] atau [A]
  4. Untuk memilih berapa lama maksimal waktu bicara, silahkan putar Knob atau dengan menekan UP/DOWN
  5. Jika sudah selesai, tekan dan tahan tombol [SET/mHz] atau [A]
  6. Masuk ke dalam mode Memory channel atau Memory Bank (VFO)
  7. Tekan dan tahan tombol [SET/mHz] atau [A]
  8. Putar knob dan cari nomer 16 (DIMMER0, lanjutkan dengan menekan tombol [SET/mHz] atau [A]
  9. Putar knob atau silahkan tekan UP/DOWN untuk memilih menghidupkan lampu LCD
  10. Apabila sudah selesai, tekan dan tahan [SET/mHz] atau [A]

Mic Gain

  1. Silahkan masuk ke dalam mode Memory Channel / Memory Bank (VFO)
  2. Tekan dan tahan tombol [SET/mHz] atau [A]
  3. Putar Knob dan silahkan cari nomer 27 (MCGAIN), dan lanjutkan dengan menekan tombol [SET/mHz] atau [A]
  4. Putar knob atau silahkan tekan UP/DOWN untuk Memilih Gain Mic.
  5. Jika sudah selesai, silahkan tekan dan tahan [SET/mHz] atau [A]

Cara Reset Memory dan Menghilangkan Semua Settingan yang Ada

  1. Matikan / Off-kan Radio
  2. Tekan dan tahan timbil [LOW/A/N] dan [D/MR/MW]
  3. Sambil tekan dan tahan kedua tombol diatas, silahkan hidupkan radio yaesu 2900 r Sobat hingga muncul “SET MODE RESET PUSH D/MR KEY”
  4. Langkah terakhir untuk reset adalah dengan menekan [D/MR/MW], dan apabila ingin membatalkannya silahkan tekan tombolapa saja selain [D/MR/MW]

Cara Reset Semua yang ada pada Radio Yaesu FT 2900 R

  1. Matikan Perangkat
  2. Tekan dan tahan tombol [REV/DW], [LOW/A/N] dan [D/MR/NW]
  3. Sambil tekan dan tahan kedua tombol diatas, silahkan hidupkan perangkat sampai muncul tulisan "ALL RESER PUSH D/MR KEY
  4. Tekan [D/MR/MW] untuk melanjutkan reset dan untuk membatalkannya silahkan tekan tombol apa saja selain [D/MR/MW].

Cara Menaikan Power Rig Yaesu FT 2900 R

  1. Silahkan matikan transceivernya
  2. Tekan dan tahan tombol [SET/mHz], kemudian tekan tombol power untuk menghidupkan radio (ON)
  3. Selanjutnya dial hingga tampak ada tulisan A0569 di display, lalu tekan tombol power untuk mematikan radio (OFF)
  4. Tekan tombol [DW REV] dan tombol [MW/D/ME] bersamaan dengan tombol power (ON) kemudian di display akan muncul B0201
  5. Terus putar dial hingga tampak ada tulisan BO101 HP. Catatan : HP itu untuk adjustment power high default 75W dengan asumsi 13,8 volt)
  6. Selanjutnya tekan PTT sebentar saja kemudian lepas
  7. Kemudian silahkan tekan PTT dan tombol [MW/D/ME] secara bersamaan (apabila sudah benar maka sinyal bar di displat akan terlihat full). Masih tekan PTT, lepas [MW/D/MR] secara bersamaan dengan itu putar knob/dial (silahkan putar ke kanan untuk menaikkan power, dan ke kiri untuk menurunkan power, sambil melihat SWR power)
  8. Lepas PTT dan tombol yang ditekan tadi, kemudian tekan tombol [DW REV] hingga muncul tegangan power suplai pada LCD (misalnya 13,8V)
  9. Tekan tombol power untuk mematikkan radio (OFF)
  10. Langkah terakhir dengan menekan tombol [SET/mHz), kemudian tekan tombol power untuk menghidupkan kembali
  11. Selamat Sobat sudah berhasil Menaikan Power Radio Rig Yaesu FT 2900R (apabila pengaturan sudah benar, maka setting high power akan naik seperti yang di set terkahir).


Catatan : untuk setting Low 1, Low 2 dan Low 3 langkah-langkahnya sama, hanya saja perbedaan terletak pada tulisan B0101 HP untuk High power, B101 L1 untuk Low 1, B0101 Lw2 untuk Low 2 dan B0101 L3 untuk Low 3.

Sebaiknya untuk power Radio Rig yaesu FT 2900 R/E jangan lebih dari 100 watt apabila sistem pendinginnya kurang bagus. Kenapa? yang jelas perangkat akan cepat panas dan yang terjadi malah akan menurunkan power secara perlahan jika pendingin di bagian fanel SAV 36 kurang mendukung atau kurang baik.

Cara Lengkap Setting Duplex, Simpan Frekuensi, Reset Full Memory, dan Menaikkan Power Radio Rig Yaesu FT 2900 R/E Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Riyal S

3 komentar:

  1. Cara mengatur naik turun frekwensi pada rig yaesu ft 2900, seperti naik atau turunnya kelipatan 0,5 atau naik turun kelipatan 1 atau naik turun kelipatan 10 atau naik turun kelipatan 12,5 setiap naik atau turun...?

    BalasHapus
  2. MOHON PENCERAHANNYA GAN KALAU PESAWAT FT 2900 KURANG MENERIMA MAKASIH

    BalasHapus
  3. Kalo sdh dilevel 9 ternyata mic masih agak ketinggalan suaranya.. coba ganti mic hasilnya sama.. apa bisa menggunakan sofwere?

    BalasHapus