Cara Lengkap Setting Radio HT Alinco Dj 195 / DJ 196

Alinco merilis dua HT DJ-195 / DJ-196 dengan tujuan memantapkan standar baru dalam fitur, kenyamanan dan pengoperasian yang mudah. HT ini memiliki memori layar alfanumerik agar lebih memudahkan pengaturan. Disamping itu desainnya lebih ergonomis dan terdapat 5 watt output baterai standar dengan fitur CTCSS encode plus decode, DCS dan nada, semua sudah termasuk tanpa biaya tambahan

Cara Lengkap setting atau Memprogram Radio HT Alinco Dj 195 / DJ 196

Fitur


Berikut adalah fitur yang dimiliki DJ-195 / DJ-196 yang diambil dari website resmi Alinco

  • Tampilan layar alfanumerik
  • 40 channel memori
  • Output 5 watt baterai standar
  • CTCSS encode plus decode dan DCS
  • 13,8 VDC input langsung dengan fitur pengisian daya baterai
  • Input frekuensi langsung
  • S-meter
  • Auto dialer
  • Clonning Cable
  • Kompatibel / bisa terhubung dengan perangkat komputer
  • MARS / CAP kemampuan (DJ-195T/196T)
  • Ada fitur tambahan (termasuk pencurian alarm)
  • Back-lit keypad (DJ-196T Only)

Setelah kita review DJ-196 langsung saja ini dia Cara Setting Radio HT Alinco DJ 196 (Cara ini bisa juga diterapkan ke HT DJ 195, DJ 496 dan DJ 596).

Pertama-tama kita setting frekuensinya terlebih dahulu :

1. Tekan tombol [V] / [M] dan akan muncul M berkedip-kedip dibawah

2. Putar tuas pemutar frekuensi ke angka ? hasil M1

3. Tekan tombol [V] / [M] MW sekali lagi, maka tulisan M1 akan menghilang

4. Masukan frekuensi TX = 150.000 dengan memutar luas pemutar frekuensi atau ketik saja 150.000

5. Tekan kembali [V] / [M] MW ? Muncul M1

Setelah setting frekuensi kita setting duplex nya

6. Masukan beda frekuensi RX tekan [FUNC] SET dan tekan Shift (angka 2) 2 sehingga akan keluar angka. Angka tersebut untuk memasukan Split atau selisih RX dan TX nya.

Perlu diperhatikan : diatas ada tanda [-] tekan kembali Shift untuk merubah [+] dan tekan sekali lagi untuk menghilangkan [-] dan [+]. Jika sudah selesai keluar dengan menekan PTT 6.

Untuk merubah Tone Squel tekan [FUNC] SET kemudian tekan [TSQ] (angka 4) maka akan keluar [T] di atas dan nilai Tone, silahkan Anda sesuaikan. Untuk keluar tekan [PTT] sedangkan untuk membatalkan dan menghilangkan T langsung saja tekan TSQ (angka 4) lagi makal keluar [T] [SQL], tekan sekali lagi untuk off dan tekan PTT.

7. Selanjutnya simpan memory M1 dengan menekan [FUNC] SET kemudian tekan [V]/[M] MW, maka tulisan M1 menghilang

8. Tekan [V]/[M] MW kembali, maka akan muncul M1

9. Untuk mengunci tekan [FUNC] SET lalu SCAN KL(B)

10. Cara mematikan LED display : dalam keadaan mati, tekan tombol MON/LAMP di samping kiri, kemudian tekan timbol POWER

Jika Anda masih kesulitan dalam setting Radio HT Alinco DJ-196, berikut penjabaran lengkap mengenai cara setting program HT Alinco DJ-196. Baiklah kita mulai saja memprogram setting channel dan fungsi sebagian tombolnya.

1. Radio komunikasi jinjing / handy talky / walky talky ini mempunyai daya 1 ~ 4 watt
Daya pancar tergantung kabel, tinggi daerah, jenis antena, matching antena dan radio.

2. Dari FUNC atau function kemudian 1 (step) terus putar rotari
Berarti skala rotari / potensio adalah 0,5,10

3. Mengaktifkan VFO / modus normal
ketika  radio HT / 2 meter band / 144 mHz dihidupkan, maka VFO akan aktif untuk pertama kali. Tekan huruf A / memory untuk kemodus memory.

4. Melihat memory yang belum terisi

Ketika Anda tekan tombol A atau m, dan bila huruf m pada layar yang berkedip ini berarti ruang memory belum terisi atau masih kosong.

5. Melihat frekuensi channel yang sudah tersimpan

Tekan tombol A atau m, jika dial muncul misal dial 145.900 dan dibawahnya ada angka 7 (angka kamar / ruang memory) dan huruf m dilayar tidak berkedip ini berarti kamar 7 sudah diisi oleh dial tersebut.

6. Menghapus frekuensi channel
Tekan m kemudian putar rotari diruang memory 7, selanjutnya tekan FUNC-set dan m. Jika m dilayar berkedip ini artinya ruang 7 telah terhapus / kosong / tidak terkunci.

7. Setting Duplex (Komunikasi dua jalur)
Komunikasi dua jalur digunakan untuk radio dengan fasilitas pancaran ulang / repeater. Misal menerima (receiver) pada dial 142.000 mHz tapi mengirim (transmitter) pada dial 140.500 mHz, terdapat selisih -150 diset dengan jalan :

Aktifkan mode VFO lalu masukan angka 14.200 - FUNCset - angka 2 (shift) + 150/-150, F-shift dulek +5 s/d +50 dan seterusnya, set juga pada OST atau off.

8. Mencari channel atau ruang baru yang masih kosong

Aktifkan modus VFO lalu tekan dial channel lokal didaerah anda, misal : 142.490 kemudian tekan tombol A atau m, jika huruf m dilayar tidak berkedip dan terdapat angka 3 dibawah channel, misal : 145.600. Ini artinya ruang memory 3 sudah diisi oleh dial tersebut. Untuk mencari kamar kosong, putar rotari / potensio kekanan maka angka 3 akan terus berubah naik menjadi 4, 5, 6 dan seterusnya. Ruang kosong ditandai jika huruf m berkedip, disitulah dial 142.490 diletakkan untuk menguncinya tekan  FUNC/set selanjutnya tekan m.

Catatan : untuk saat ini anda berada dimodus / m aktif) untuk kembali ke modus VFO daru modus memory ini tekan m. Selanjutnya buat channel baru pada modus VFO lalu simpan dikamar kosong (caranya sama seperti cara diatas).

9. Modus memory
Modus memory terdiri dari ruang / kamar yang berisi channel-channel yang digunakan untuk menyimpan frekuensi penting didaerah anda. Ruang memory dimulai dari 1,2,4 - 39, sedangkan untuk ruang C (Central) sudah default bawaan pabrik yang merupakan ruang untuk channel 145.000 mHz.

10. Mengatur Volume
Tekan FUNC lalu tekan tombol bintang (Vol) kemudian putar rotari kanan kiri untuk suara pelan atau keras skala 0 ~ 14.

11. Setting daya LOW / HIGH

jika anda ingin settingan daya output Low pada HT Alinco tekan saja FUNC atau tombol angka 5, sebaliknya untuk HIGH.

12. Rotari

Untuk langkah rotari diset dengan menekan FUNC kemudian tombol angka 1 atau STEP digunakan untuk membuat duplex maupun membuat langkah scan

13. Scanning
Fungsi scan atau tombol C bisa diterapkan di dalam modus VFO maupun modus memory, ketika Anda menekan scan selanjutnya putar rotari kekanan atau kekiri, kemudian akan berhenti ketika gelombang kuat tertangkap dan mengunci.

14. Menyalakan lampu layar
Tekan FUNC kemudian dilanjutkan dengan menekan PTT, ketika Anda sedang memprogram lampu tidak akan pernah padam namun jika tombol apapun tidak ditekan maka lampu akan padam dengan sendirinya.

15. Mengatur rotari
Mengatur langkah rotari jika anda memilih 5 langkah itu artinya 5 kHz setiap ketukan spasi rotari, misal langkah 10, 12, 5 atau 30 tiap spasi rotari/potensio. Caranya adalah dengan menekan tombol FUNC kemudian tekan angka 1 (step) lalu putar potensio/rotari.

16. Scan frekuensi aktif untuk berkomunikasi
Tekan FUNCset kemudian tekan keypad B (scan/pindai) jika arah scan naik putarlah rotari ke kanan, sementara jika ingin scan arah turun putar rotari ke kiri (bilasudah berhenti sementara pada frekuensi aktif). Jika dibiarkan maka scan akan berjalan kembali, untuk mengunci tekan scan kembali untuk menguncinya.

17. Memilih Duplex positif atau negatif

Untuk memudahkan pemahaman saya akan memberikan contoh frekuensi, misalnya 142.220 mHz dengan 14.222.0 mHz.
-> Contoh 1 : pada pancar ulang penerimaan sebesar 14.222.0 mHz, input pemancaran 14.555.0 mHz maka selisih yang dihasilkan sebanyak +333. maka set duplex harus +333
-> Contoh 2 : pada pancar ulang penerimaan sebesar 14.222.0 mHz, akan tetapi input transmit (pemancaran) sebesar 14.000.0 mHz, maka selisih yang dihasilkan sebanyak -222, maka duplex harus di set negatif -222.0.

18. Memahami cara kerja tombol 2 (shift untuk duplex)
misal frekuensi repeater receiver (penerimaan) sebesar 14.222 mHz ke duplex tertentu..
-> Hidupkan perangkat pada mode VFO (normal mode), bukan memory mode (m)
-> Tekan tombol keypad menunjuk ke 14.222.0 mHz
-> Tekan FUNC kemudian tekan shift (tombol angka 2)
-> misalkan layar menampilkan angka + 330.0, anda harus tekan shift lagi untuk kedua kalinya maka akan tampil angka negatif -330.0
-> Jika Anda menekan shift yang ketiga kalinya maka layar akan menampilkan "OST off" itu artinya program duplex tidak digunakan. Maksudnya begini, ketika keluar dari menu (Tekan PTT) bila penerimaan 14.222.0 maka transmitnya juga 14.222.0 atau disebut juga dengan direx, yakni frekuensi penerimaan sama dengan frekuensi transmit.

19. Mengaktifkan frekuensi repeater penerimaan 14.222 mHz ke duplex +333 (pemancaran 14.555.0 mHz), caranya :
-> Hidupkan perangkat pada mode VFO
-> Tekan FUNCset
-> Tekan angka 2 / shift
-> Jika duplex positif +331.0 tampil di layar, lanjutkan dengan memutar rotari dua ketukan maka akan menunjukan +333.0
-> Jika sudah selesai, tekan PTT disampint kiri HT untuk keluar dari menu
-> Selesai

20. Mengaktifkan frekuensi repeater penerimaan 14.222 mHz ke duplex -333 (pemancaran 13.889.0 mHz), caranya :
-> Hidupkan perangkat mode VFO
-> Tekan Funcset
-> Tekan angka 2 / shift
-> Jika duplex positif +331.0 tampil di layar, Anda tidak akan bisa melanjutkan memutar rotari dua ketukan pada angka +333.0, tekan shift sekali lagi untuk menampilkan tanda negatif -331
-> Baru Anda bisa memutar 2 ketukan sehingga dilayar akan menunjukan angka -333
-> Jika sudah selesai, tekan PTT untuk keluar dari menu
-> Selesai

Itulah ulasan Cara Lengkap setting atau Memprogram Radio HT Alinco Dj 195 / DJ 196. Bagi Anda yang baru pertama kali menggunakan Handy Talky khususnya merk Alinco mungkin akan mengalami kesulitan dalam setting frekuensi, duplex dll. Namun seiring berjalannya waktu pasti Anda akan terbiasa menggunakannya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda.
Cara Lengkap Setting Radio HT Alinco Dj 195 / DJ 196 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Riyal S

10 komentar:

  1. saya sudah coba setting radio HT Alinco 196 sesuai prosedur dalam blog ini namun sampai saat ini masih belum bisa connect, mohon saran dari temen2 .... bloger disini

    BalasHapus
  2. Terus cara mematikan lampu warna layar gimana.ini punya saya kog nyala terus ya.tolong bantuanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. matikan lampu layar -> tekan SQL -> putar yg dekat antena (sesuaikan cahayanya) -> tekan SQL lg

      Hapus
    2. Itu bukane menyetel kepekaan pada sql bukan lampu

      Hapus
  3. @santo yk
    coba reset radionya mas lalu ulangi lagi caranya dr awal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Punya saya bisa nerima, cuma g bisa manggil... di ht yg lain mau nerima, cuma g ada suaranya... gimana ya

      Hapus
  4. cara membuka kunci ht alinco dj 196 gimana yah? mohon bantuannya terimakasih

    BalasHapus
  5. cara memvuka dial diatas 18 rbu bgmna..trims

    BalasHapus
  6. cara membuka dial di atas 18 rbu bgmna bro.trims

    BalasHapus
  7. cara mengholangkan tanda busy gimana mas

    BalasHapus